Cara Mengatasi Error Data-vocabulary.org Schema Deprecated

Daftar isi [Tampil]
Hallo sahabat blogger indonesia. kali ini kita akan bahas Cara Mengatasi Error Data-vocabulary.org Schema Deprecated. error ini terjadi karena adanya perubahan peraturan google search console yang tidak lagi mendukung vocabulary.org dan merekomendasikan menggunakan schema.org dalam mengaplikasikan Breadchumb.

Penting: cara ini sudah tidak berhasil, silahkan baca Cara Paling Ampuh Mengatasi Error Data-vocabulary.org Schema Deprecated (Breadchumb)


Apa sih Breadcumb itu?

jika kalian seorang blogger atau webmaster pastinya hafal dengan hal ini. Breadcumb merupakan link kecil yang ada di bawah judul dan ini merupakan link aktif atau dengan kata lain Breadcrumb adalah salah satu elemen yang penting dalam website yang berfungsi untuk menunjukkan letak spesifik sebuah halaman pada website.

Breadcumb berisi sebuah label, atau jika menggunakan wordpress mereka akan masuk ke tag dan ini sangat berguna untuk navigasi konten, konten yang terarah dan tentu saja SEO friendly di pencarian. Nah yang jadi maslaah beberapa hari yang lalu kita mendapat sebuah error melalui email yang isinya tentang error breadcumb data-vocabulary.org schema deprecated setelah kita selidiki masalah ini muncul di global loh bukan hanya di blogger, wordpress ataupun cms lainnya pokonya breadcumb dengan vocabulary.org semuanya terkena imbas di search console.

Mengapa Demikian?

Dari dugaan sementara Error ini karena Google tidak lagi mendukung dari data-vocabulary.org dan wajib migrasi ke schema.org. Ini bisa kita temukan saat kalian masuk ke lihat sleengkapnya tentang breadcumb dan akan mendapati semua info yang berkaitan dengan schema.org breadcumb.

Imbasnya ketika kita menggunakan Search console untuk konten baru bakal memiliki peringatan di bagian index-nya. Hal ini juga menimbulkan semua artikel bakal terkena warning peringatan baik itu konten lama maupun konten yang baru.


Kita agak bingung juga dengan hal ini, terlebih kita gak terlalu paham tentang webmaster coba mencari referensi dari berbagai situs masih belum dapat solusi. Nah tapi ada satu yang masih belum kita coba karena dasarnya error ini adalah data vocabulary jika kalian pernah baca dulu pernah ada migrasi seperti ini dimana JSON telah diganti. Mungkin salah stau solusinya dengan mengganti vocabulary ke schema.org mari kita praktekan.

Cara Mengatasi Data-vocabulary.org Schema Deprecated Blogger

  • Silahkan buka blogger kemudian pilih setingan Tema, kalian akan menemukan HTML dari tema yang sedang kalian gunakan tekan CTRL+F kemudian cari vocabulary.org/Breadcrumb
  • Cek satu-satu berapa banyak Breadcumb vocabulry ini dengan klik ENTER di Keyboard, kebetulan kita hanya menemukan 2 buah breadcumb vocabulary dan ini cocok dengan error di search console dalam view inspect element.
  • Kita bakalan coba untuk mengganti Vocabulary.org breadcumb dengan schema.org breadcumb yang memang dianjurkan oleh google webmaster http://schema.org/Breadcrumb (Silahkan copy url breadcumb schema.org ini). 
  • Setelah itu kita save kemudian langkah terkahir cek kembali di search console apakah cara ini berhasil atau tidak. Untuk sementara setelah kita klik validasi proses sedang berlangsung, mari kita tunggu apakah cara ini akan berhasil atau tidak.

Sampai disini penyebab error ini memang agak membingungkan tapi yang jadi inti masalah ini ialah beberapa webmaster yang menggunakan model breadcumb terkena warnig di search console dan ini kita temukan di beberapa forum wordpress, dan webmaster lainnya. Jika ada informasi lain atau hasil update akan kita informasikan secepatnya.

Update:

Setelah saya mencari tahu kesana kemari, menurut saya yang paling cocok adalah dengan cara berikut ini:

saya dapat tutorialnya dari mbak igniel, berikut ini caranya. Buka Template do HTML blogger kalian

 1.Cari kode dibawah ini

<data:post.body/>

2.Tambahkan script berikut DI BAWAH kode yang tadi disebutkan.
    <!-- Breadcrumb Blogger by igniel.com -->
    <script type='application/ld+json'>{
    "@context": "https://schema.org",
    "@type": "BreadcrumbList",
    "itemListElement": [
    {
    "@type": "ListItem",
    "position": 1,
    "name": "Home",
    "item": "<data:blog.homepageUrl.canonical/>"
    <b:if cond='!data:post.labels'>}<b:else/>},<b:loop index='i' values='data:post.labels' var='label'>
    {
    "@type": "ListItem",
    "position": <b:with value='data:i + 2' var='num'><b:eval expr='data:num'/></b:with>,
    "name": "<data:label.name/>",
    "item": "<data:label.url.canonical/>"
    <b:if cond='data:post.labels.size != data:i + 1'>},<b:else/>}</b:if></b:loop></b:if>
    ]
    }</script>

3. Simpan Kode Html kalian

Jangan Lupa validasi di webmaster tools, Search Console.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu teman teman dalam mengatasi Error Data-vocabulary.org Schema Deprecated.