Pulau Pahawang Lampung | Surganya Wisata Pantai di Indonesia

Daftar isi [Tampil]
Haloo Traveler, Apakah kalian sudah pernah berwisata di pulau pahawang lampung? Tahukah kalian bahwa pahawang lampung adalah surganya wisata pantai di Indonesia.

Bagaimana tidak, karena keindahan yang dipersembahkan oleh pantai yang satu ini menjadikan Lampung terkenal sampai kepenjuru nusantara.


Salah satu yang menjadi icon unik lampung adalah pulau pahawang. Dengan hamparan pasir putihnya. menjadikan pantai dilampung sebagai tujuan wisata.

Jika kamu ingin snorkeling dan berfoto ria dengan ikan nemo bersama terumbu karangnya. maka wajib bagi kalian datang ke pulau pahawang lampung.

Destinasi wisata pulau pahawang saat ini menjadi salah satu wisata pantai dan pulau paling banyak dikunjungi di lampung.


Tahukah kalian banyak para traveler menyebut pulau Pahawang Lampung adalah surga yang tersembunyi. tempat wisata dan spot snorkeling yang masih jarang dijamah banyak orang. diartikel kali ini saya akan membahas pulau Pahawang lampung sedetail mungkin. sehingga teman-teman tahu seperti apa indahnya pulau Pahawang lampung.

Apa Kelebihan Pahawang dari Wisata Pantai Lainnya?

Pulau Pahawang Lampung

Pertanyaan yang sering muncul adalah daya tarik seperti apa yang menjadikan pulau pahawang tujuan wisata?

Jawaban paling tepat adalah snorkeling, Karena kalian bisa berenang dan berfoto ria dengan ikan nemo dan terumbu karang yang masih alami. serta air laut di pahawang sangatlah jernih.

Selain Snorkeling, kalian juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih asri dan indah. kalau kalian tidak suka berenang dan snorkeling, ada alternatif lain yaitu menikmati indahnya pantai pasir putih dengan sunrise dan sunset, ataupun bisa menikmati fauna dan flora yang merupakan ciri khas hutan mangrove.

Pulau Pahawang dengan Keindahannya

Pulau Pahawang Lampung terdiri dari dua pulau, Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil.

Pulau Pahawang Besar

Pulau pahawang besar adalah destinasi utama, di pulau ini dihuni oleh penduduk, ada tempat untuk penginapan dan berbagai fasilitas wisata lainnya. berdasarkan informasi yang ada pulau pahawang besar memiliki luas kurang lebih 1000 hektar dan berpenduduk sekitar 1000 kepala keluarga.

di Pulau Pahawang besar ini kalian bisa menemukan berbagai fasilitas umum, baik puskesmas dan sekolah. kebanyakan para wisatawan yang berlibur di pulau Pahawang besar akan menginap disini.

Pulau Pahawang Kecil

Pulau Pahawang kecil bisa dikatakan anak dari Pahawang besar, letaknya juga tidak jauh dari pulau Pahawang besar. 

Pulau Pahawang kecil memiliki ukuran 13 hektar menurut informasi dari masyarakat. pulau ini ternyata dikelola oleh orang luar negeri secara pribadi, warga sekitar menyebutnya Mr. Joe. 

Dipulau Pahawang kecil ini terdapat cottage, namun tempat ini kurang bebas untuk dikunjungi oleh wisatawan. sehingga hanya wisatawan tertentu yang bisa menikmatinya.

Selain itu, disekita pulau Pahawang kecil terdapat tempat snorkeling paling digemari oleh wisatawan.

Mengenal Pulau Pahawang dan Sekitarnya

Jika sudah berlibur di pulau pahawang lampung, tentunya gak lengkap jika tidak melihat daerah sekita pulau Pahawang.

Di sekitar pulau pahawang kalian akan menikmati pemandangan yang indah, selain itu ada beberapa pulau lainnya yang wajib kalian kunjungi.

Berikut ini wisata disekitar Pulau Pahawang Lampung

Pulau Kelagian Besar

Nah, seperti yang saya jelaskan diawal tadi, bahwa lampung memiliki pantai yang unik dengan oasir putihnya. seperti halnya pulau kelagian besar, kalian akan melihat hamparan pasir putih yang luas dan indah.

Pulau ini tidak dihuni oleh penduduk, karena pasukan TNI angkatan laut sering latihan di pulau ini. namun kalian tetap bisa menikmati pulau ini.


Jadi jangan khawatir ya. hehe

Pulau Kelagian Kecil

Kalau pulau kelagian kecil, ini sudah jelas kalian bakal melewati, karena ini merupakan rute menuju kepulau Pahawang, snorkeling pertama terletak dipulau kelagian kecil.

Operator guide Pahawang Lampung selalu menjadikan pulau kelagian kecil ini destinasi wisata snorkling yang wajib dikunjungi.


Adapun luas pulau pahawang pahawang kecil tidak lebih dari 1 hekta. pengunjung biasanya lebih suka ke pulau kelagian kecik dibanding kelagian besar. tentunya karena suasana alam yang begitu indah.

Wisata Taman Nemo 

Lampung yang terkenal dengan Pahawang dan snorkling tentu ada tempat khas untuk menemukan spot berfoto ria bersama Taman nemo dan terumbu karang.

Di taman nemo ini terdapat terumbu karang yang masih indah dan alami, disinilah terdapat berbagai habitat ikan nemo.

Tahukah kalian dengan ikan nemo?

Ikan nemo adalah ikan badut atau biasa disebut ikan giru. Orang luar negeri menyebutnya Clown Fish. mengapa di pahawang disebut ikan nemo? karena berkiblat dengan nama tokoh utama film animasi finding nemo.


Disinilah nikmatnya snorkling yang sesungguhnya, karena dengan snorkling kalian bisa foto dengan ikan nemo dan terumbu karang.

Tanjung Putus 

Ini diibaratkan sebagai jembatan penghubung alami antara pulau tanjung putus dengan pulau pahawang kecil.

Mengapa Unik? karena jembatan tanjung putus ini hanya akan muncul ketika air laut surut da pasir mulai muncul dan membentuk hamparan yang indah dengan pasir putihnya.


Dan tanjung putus ini akan menghilang ditelan air laut ketika air laut pasang.

Alamat / Lokasi Pulau Pahawang

Alamat atau lokasi pulau Pahawang berada di area kecamatan Punduh Pidada, kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Pulau ini bisa dijangkau kurang lebih 2 jam perjalanan dari bandar lampung.

Rute Ke Pulau Pahawang Lampung

Ada beberapa rute ke pulau Pahawang yang bisa digunakan. Mau backpacker ke pulau pahawang ? Berikut ini adalah rute ke pulau pahawang Lampung:


Rute I

Dari Pelabuhan Bakauheni naik bus menuju Bandar Lampung berhenti di Terminal Rajabasa (sekitar 2 jam). Naik angkot jurusan Rajabasa-Tanjung Karang (angkot warna biru, sekitar 30 menit tergantung kepadatan jalan) berhenti di Pasar Bawah Ramayana, naik lagi angkot jurusan Tanjung Karang-Teluk Betung (angkot warna marun/ungu) berhenti di Gudang Garam lalu naik angkutan pick up menuju Dermaga Ketapang (sekitar 1 jam).

Ongkos bus dari Bakauheni-Rajabasa 25.000 angkot 3000 perak dan ongkos angkutan pick up sampai ketapang 8.000-10.000.

Rute II

Dari Pelabuhan Bakauheni naik bus menuju Bandar Lampung berhenti di Terminal Rajabasa lalu naik Bus Damri jurusan Rajabasa-Piyabung, minta kepada kondektur untuk menurunkan di Dermaga Ketapang, ongkosnya sekitar 10.000 perak tapi bus ini hanya beroperasi 1 kali satu hari sekitar jam 7 pagi jadi pastikan kalau mau naik damri pas waktunya dengan jadwal keberangkatan bus.

Alternatif DAMRI bisa menggunakan kendaraan angkutan pick up ke dermaga Ketapang.

Rute III

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi dari Pelabuhan Bakauheni menuju Bandar Lampung menuju Bunderan Gajah lurus ke arah Teluk Betung lalu kea rah Padang Cermin/Way Ratai. Ada penunjuk jalan yang bisa memandu supaya tidak tersesat. Jalur yang sama bisa ditempuh dari Terminal Rajabasa perkiraan waktu perjalanan sekitar 1 -1.5 jam.

Akan lebih mudah kalau kita menggunakan jasa tour dan travel. Sekarang banyak paket tour ke Pahawang yang ditawarkan dengan harga dan fasilitas beragam. Open trip juga banyak lho, bisa di lihat di website (situs wisata)

Jika kalian Menggunakan jasa tour dan travel atau ikut gabung trip maka perjalanan wisata kalian akan lebih indah dan terkonsep. namun sebelum menggunakan jasa tour Guide, pastikan cek testimoni dan review supaya kalian tidak kecewa dengan pelayanan guide tour yang kalian gunakan.

Peta Pulau Pahawang

Berikut peta pulau pahawang di lihat meggunakan google map. Letaknya tidak begitu jauh dari daratan utama.

Sumber: Data Wisata Pesawaran Lampung

Hotel dan Penginapan Di Pulau Pahawang

Hotel dan penginapan di pulau Pahawang sudah cukup banyak. Sayangnya sejauh ini kami lihat belum bisa di booking dengan jasa online seperti Agoda atau pegipegi. 

Tapi masih bisa booking via telepon dengan payment di awal. Selain hotel dan penginapan, ada juga wisma penduduk yang bisa di sewa.

Berikut ini Nomor Penginapan dan Hotel di Pulau Pahawang
  • Bumi Pahawang. Nomor telepon: 0856-7744-444
  • Home Stay Pak Selamat. Nomor telepon: 0812-7144-6651
  • Home Stay Pahawang Indahnesia. Nomor telepon: 0821-7752-3035
  • Homestay Arifin. Nomor telepon: 0852-6857-9392
  • Penginapan Mitra bentala. Nomor telepon: 0819 5745 5551
  • Penginapan Pak arsali. Nomor telepon 0877 9795 5447

Untuk info harga, fasilitas dan sebagainya silahkan langsung saja hubungi nomor-nomor diatas ya. Nomor dan nama penginapan didapatkan dari google.com.

Tips Tambahan saat berlibur di Pahawang Lampung.

  • Gunakan sunblock, biar kulit ngga gosong.
  • Siapkan lotion anti nyamuk. Biar tenang saat istirahat.
  • Banyak minum, jangan sampai dehidrasi. Udara pantai yang panas+aktifitas bisa cepat membuat dehidrasi.
  • Bawa baju ganti yang cukup dan perlengkapan+obat-obatan pribadi.

Video Pulau Pahawang

Lihat juga video dibawah ini yang kami kutip dari Youtube:


Demikianlah pembahasan tentang pulau Pahawang lampung, semoga teman-teman sudah bisa membayangkan keindahan dari pulau Pahawang Lampung. terimakasih sudah berkunjung di situs saya. semoga ini menjadi inspirasi buat kalian yang ingin berlibur di pulau Pahawang.

Selamat Berlibur 🤗