Syarat Kartu Pra Kerja dan Cara Mendapatkannya | Bisa Dapat 1 Juta Per Bulan

Daftar isi [Tampil]
Haloo, Tahukah kalian bahwa pemerintah sedang mempercepat dalam merealisasikan program kartu pra kerja untuk mengatasi peningkatan pengangguran karena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), Terutama akibat menyebarnya virus corona. (Covid-19)


Apa syarat mendapakan Kartu Pra Kerja dan bagaimana Prosedurnya?

Dikutip melalui situs resmi kementerian Ketenagakerjaan, tanggal 27 maret 2020, Kartu pra kerja Merupakan Program yang dikembangkan guna meningkatkan kompetensi kerja yang hanya ditujukan bagi pencari kerja, Pekerja yang terkena PHK, Ataupun pekerja yang ingin meningkatkan kompetensi.

Berikut ini Syarat Penerima Kartu Pra Kerja:
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 18 tahun
  • Sedang tidak mengikuti pendidikan formal

Selain itu, ketentuan lain belum ada untuk dapat menerima kartu pra kerja. Kartu pra kerja ini hanya akan diberikan kepada mereka yang sedang cari kerja dan seorang pekerja dalam masa pelatihan Vokasi (Skilling dan Re-skilling). Skilling diutamakan bagi para pencari kerja yang statusnya fresh graduate baik baru lulus kuliah dan lulus sekolah.

Adapun Re-skilling ditujukan untuk pekerja yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau yang berpeluang untuk kena PHK. Ini merupakan bentuk usaha pembekalan dan memberi keterampilan khusus serta alih profesi, misalkan wirausaha.

Bagi kalian yang memiliki kartu pra kerja dapat memilih kursus dan perhatian yang paling diminati Menggunakan platform digital yang disiapkan oleh pemerintah. nanti akan tersedia berbagai macam pelatihan.

Dalam pelaksanaan Kartu Pra Kerja ini pemerintah bekerjasama dengan berbagai mitra. Baik digital platform, lembaga pelatihan mitra, serta bidang Pembayaran mitra. Program ini akan dapat meningkatkan kompetensi calon pencari kerjam

Apa manfaat Kartu Pra Kerja?

Banyak manfaat yang dapat kita gunakan dari kartu pra kerja ini. Manfaatnya seperti pelatihan berbayar, kartu pra kerja dapat digunakan untuk membayar pelatihan online, maksimal pembayaran untuk offline 7jt dan pelatihan online maksimal 3jt.

Selain itu, manfaat lainnya adalah, setiap pemilik kartu pra kerja akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang pernah di ikutinya, baik yang offline ataupun yang online. dan Pembayaran ini sementara akan ditransfer dalam tiga tahapan melalui e-wallet

Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu Pra Kerja, Tahapan dan Pelatihannya?

Berikut ini tahapan yang harus dilakukan sebelum mendapatkan kartu pra kerja.

1. Daftar di Situs Pekerja

Tahapan ini peserta harus mendaftarkan diri melalui situs online. Petugas pengantar kerja di Disnaker akan mendampingi peserta saat pendaftaran melalui online secara kolektif berdasarkan kemampuan dasar. 

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengunjungi Laman resmi Pekerja.go.id pada bulan april.

2. Memilih pelatihan

Peserta bisa memilih pelatihan yang disyaratkan industri. Peserta memilih pelatihan dari layanan SISNAKER dan bayar menggunakan saldo Kartu Prakerja maksimal Rp 3 juta untuk online dan maksimal Rp 7 juta untuk offline.

Untuk pendaftarannya bisa dilakukan secara online lewat laman Pekerja.go.id.

3. Mengikuti pelatihan

Peserta mengikuti pelatihan di SISNAKER. Di mana pelatihan diselenggarakan secara online maupun offline dan peserta kemudian akan dapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga.

4. Berikan ulasan dan rating

Peserta diberikan kesempatan memberikan ulasan dan rating terhadap lembaga pelatihan melalui SISNAKER setelah melakukan proses pelatihan.

5. Mendapatkan insentif

Peserta Kartu Pra Kerja bisa mendapatkan insentif sebesar Rp 500 ribu dan akan ditransfer dalam 3 tahap ke saldo Kartu Pra Kerja.

6. Survei Kebekerjaan

Survei Kebekerjaan dilakukan sebagai feedback efektivitas program. Survei yang ditanyakan dalam 3 tahap dengan insentif pengisian survei sebesar Rp 150 ribu sebagai feedback efektivitas program, kesesuaian pelatihan dan penempatan kerja, dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan tentang syarat mendapatkan kartu pras kerja, Tahapan dan Prosedurnya. semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan kita semua.

Semoga program ini cepat terealisasi dan kita semua yang lagi mencari kerja dapat menikmati manfaatnya.