Tips Dasar Meningkatkan Trafik atau Pengunjung Blog Bagi Pemula 2020

Daftar isi [Tampil]
Siapa yang tidak ingin memiliki blog dengan pengunjung yang banyak, terutama buat kalian yang ingin menekuni dunia perbloggeran. banyak cara dan ide yang dapat kalian terapkan di blog kalian. namun tentu kalian harus memulai dari hal dasar dulu kan.

Tidak ada blog yang tiba-tiba banjir pengunjung. pasti mereka akan mulai dari nol. namun dengan ketekunan dan keyakinan maka pengunjung akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Pengunjung blog dalam dunia blogger bisa disebut juga traffic atau visitor. semua tergantung kebutuhan. jika saya lihat kata kunci pencarian "meningkatkan visitor blog" ternyata juga lumayan banyak dicari.

Namun untuk lebih enak saya menggunakan kata kunci "pengunjung blog" karena lebih umum. hehe


Apa saja sih tips dasar agar blog kita mendapatkan banyak tafik atau pengunjung?

Yuk kita bahas, berikut ini poin penting agar blog dikunjungi banyak pembaca.

Tips Dasar Meningkatkan Pengunjung Blog untuk Pemula
  1. Blog dengan 1 Niche
  2. Artikel Pilar
  3. Penulisan SEO
  4. Daftarkan Webmaster tools
  5. Kecepatan Loading Blog
  6. Backlink
  7. Promosikan Blog

Untuk saat ini, saya baru bisa menjelaskan ke-tujuh tips diatas. untuk kedepannya kalau saya ingat akan saya jelaskan tips lainnya. baiklah yuk kita mulai kupas satu-persatu.

1. Fokus Satu Niche

Membuat blog dengan fokus pada satu pembahasan akan membuat kamu lebih nyaman, terutama buat kamu yang memiliki hobi tertentu. Ilmu dan pengalaman yang kamu miliki dalam sebuah hobi akan bermanfaat untuk orang lain apabila kamu bagikan dalam sebuah artikel.

Blog dengan pembahasan satu niche akan memiliki nilai plus tersendiri bagi pembaca. karena pembaca memiliki minat yang sama dan hal ini dapat meningkatkan pengalaman pengunjung. pengunjung akan disajikan dengan artikel yang berkaitan dan relevan.

Baca Juga: Niche blog Paling Populer di Indonesia

Nah dengan fokus ke satu pembahasan akan membuat pembaca bakal merasa puas hanya dengan membaca artikel didalam blog tersebut. Hal ini merupakan peluang besar bagi pemiliki situs mendapatkan pengunjung langganan dan secara tidak langsung pengunjung akan merekomendasikan situs anda kepada orang lain dengan minat yang sama.

2. Artikel Pilar

Saya juga sebenarnya baru paham dengan bahasa artikel pilar ini. Artikel pilar adalah artikel yang didalamnya tersusun beberapa elemen pendukung atau dasar yang berkaitan dan membentuk sebuah artikel yang kompleks.

Pilar artinya adalah dasar atau penompang, Ibarat sebuah rumah maka elemennya adalah pondasi. jika sebuah rumah pondasinya kokoh maka rumah tersebut akan lebih kuat dan tahan lama. begitu juga dengan artikel, jika elemen didalamnya lengkap dan komplek maka artikel ini akan berpeluang mendapatkan banyak pengunjung.

Apa saja elemen dasar artikel pilar?
Sebagai dasar pembahasan. buatlah artikel dengan dasar berikut ini: 70% Teks, 10% Gambar, 10% Infografik, dan 10% Video.

Mengapa saya sarankan menggunakan dasar diatas, nanti akan berkaitan dengan yang namanya penulisan SEO. semakin lengkap pembahasan sebuah artikel maka semakin besar juga peluang pembaca merekomendasikan artikel kalian. ini akan berdampak baik kepada pengunjung dan google search engine.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Konten Pilar, Manfaat dan Penerapan

3. Penulisan SEO

Penulisan yang baik dalam membuat artikel bisa kalian lakukan sendiri, Eksperimen juga lebih baik. banyak sekali pembahasan penulisan SEO yang dibagikan di google. namun jujur saja. sampai saat ini saya menulis artikel menggunakan gaya penulisan sendiri.

Pada kesempatan ini izinkan admin berbagi pengalaman penulisan SEO. hehe.

Menulis SEO hanya perlu menggunakan kata kunci (Keyword ) didalam  artikel. dimana cara meletakkan kata kunci yang benar?

Letak Kata Kunci (Keyword) di artikel
  • Di awal paragraf
  • Disebar dibadan artikel
  • dan diakhir paragraf

Baca juga: Cara Menempatkan Kata Kunci Artikel yang Benar

Penempatan kata kunci di tiga lokasi tersebut sudah termasuk trik seo yang baik, karena dalam dunia search engine perayapan indeks akan dilakukan google diseluruh elemen artikel. Jadi terindeks tidaknya sebuah artikel tergantung penempatan kata kunci yang relevan.

4. Daftarkan Situs ke Webmaster Tools

Ini merupakan faktor penting pemilik situs apapun. karena terindeks tidaknya sebuah artikel di mesin pencari bergantung dengan robot webmaster.

Setiap kali kalian membuat situs, silahkan daftarkan ke webmaster tools. silahkan baca cara daftar Webmaster tools 

Jika sudah didaftarkan ke Webmaster tools jangan lupa untuk selalu submit artikel setiap kali membuat artikel baru. tujuannya untuk mengundang robot merayapi artikel kita dan memunculkan artikel kita di mesin pencarian.

5. Kecepatan Loading Blog

Blog dengan kecepatan yang sempurna akan menjadi daya tarik tersendiri, karena pembaca atau user tidak akan menunggu lama untuk meninggalkan blog jika blog kalian lambat.

Sebagai contoh, kamu lagi browsing di google, lalu kamu masuk ke situs tertentu, setelah kamu klik situs tersebut ternyata loadingnya lama, pasti kamu kesal dan kamu bakal klik kembali dan mencari artikel lain yang lebih cepat loadingnya.

Nah, untuk itu saya menyarankan kalian untuk membuat blog atau situs lebih cepat loadingnya atau bisa menggunakan template premium dan gratis yang banyak disediakan di google.

Jika Kalian berminat menggunakan jasa saya silahkan Hubungi saya, atau Klik Jasa Buat Blog Murah disini.

6. Backlink

Backlink juga merupakan faktor penting meningkatkan pengunjung blog, dengan backlink yang berkualitas maka situs akan mendapatkan banyak keuntungan.

Keuntungan backlink:

  • Mendapatkan tambahan pengunjung
  • Meningkatkan DA dan PA website


Adapun Backlink terbagi menjadi dua, ada yang berbayar dan Gratis, banyak jasa backlink di google namun kalian harus benar-benar cerdas dalam memilih backlink berkualitas.

Backlink berkualitas tentu harganya tidak murah, harga tergantung DA dan PA situs yang akan kalian pasangi backlink. Jika kalian ingin mendapatkan backlink Gratis kaliam bisa gunakan jasa saya. Silahkan cek Guest Post Gratis Backlink.

Jika Ingin Versi Premium kamu akan mendapatkan backlink selamanya dengan biaya terjangkau, silahkan hubungi saya jika berminat.

7. Promosi Blog

Promosi blog dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. bahkan banyak pengiklan yang menyediakan jasa ini.

Jasa berbayar bisa menggunakan Google AdWords dan penyedia jasa lainnya. namun jika budget minim bisa gunakan yang gratisan saja.

bagaimana cara promosi blog gratis?
salah satunya ya dengan backlink yang saya jelaskan diatas dan cara yang lainnya bisa share artikel atau blog di media sosial.

Promosi blog di sosial media harus bijak, jangan sampai kalian spam kesana kesini. maksudnya jika ingin promosi maka gunakan forum yang tepat. misalkan situs kalian tentang niche Kesehatan, maka share situs kamu ke forum kesehatan. hal ini untuk menghindari spam.

Meningkatkan Pengunjung blog melalui media sosial sangatlah tepat. apalagi situs kalian relavan dengan forum tujuan.

Nah, demikianlah artikel yang dapat saya sampaikan seputar cara meningkatkan pengunjung blog untuk pemula. dengan cara yang tepat maka akan mendapatkan hasil yang maksimal, Trafik akan datang berduyun-duyun jika kalian siap memaksimalkan trik diatas. terimakasih