Fenomena Alam Gelombang Laut Persegi (Kotak) | Indah Tapi Beresiko

Daftar isi [Tampil]
Melex.ID - Fenomena Alam memang luar biasa, masih banyak rahasia alam yang belum terbongkar di muka bumi ini.

Jika anda pernah melihat/mengetahui bentuk gelombang laut seperti kotak, sangat disarankan bagi anda untuk segera keluar dari air secepatnya selagi ada kesempatan, atau anda dapat kehilangan nyawa anda.

Apakah anda tahu bahwa ada bermacam macam tipe gelombang laut? Di pantai, biasanya kita melihat ombak/ gelombang yang naik ke pesisir pantai seperti gambar berikut.

Namun, fenomena alam ini dikenal sebagai gelombang kotak atau gelombang laut bersilangan dan ini sangat berbahaya.

Gelombang persegi terbentuk ketika angin dari satu sisi terus bergerak ke arah yang sama dan bertabrakan dengan angin yang bergerak dari sisi yang berlawanan, yang menyebabkan gelombang yang dibuat oleh angin baru pada sudut tertentu, menciptakan pola seperti persegi di laut.

Ombak/gelombang ini samasekali tidak terlihat berbahaya pada permukaannya. Namun, gelombang persegi menciptakan tekanan air yang mematikan di bawah sana. Secara teoritis, gelombang persegi memiliki potensi untuk menenggelamkan dan membalikkan kapal besar. Kapal dibuat dan dirancang untuk menghadapi gelombang secara langsung, tetapi tidak dapat terus bertahan jika gelombang menghantam kapal dari berbagai sudut.

Fenomena gelombang persegi sering terjadi di Pulau Île de Ré yang terletak di pantai barat Perancis.

Gelombang persegi menciptakan perairan yang sangat berbahaya, jadi pastikan anda tidak berenang di perairan ketika anda melihat fenomena alam ini. Syukurlah, gelombang persegi jarang terjadi, tetapi masih penting untuk mengetahui apa itu gelombang persegi.

Demikianlah pembahasan tentang Fenomena alam gelombang air laut persegi kotak. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.