Kunci Sukses Mayora Bertahan hingga Puluhan Tahun

Daftar isi [Tampil]
Tak kenal maka tak sayang. Mungkin itu istilah yang pas untuk menggambarkan kondisi saat ini di mana kita sering mengkonsumsi aneka produk makanan tapi tidak tahu siapa yang membuatnya.

Sehari-hari mungkin kita tak lepas dari Kopi Torabika, Teh Pucuk, Permen Kopiko, Biskuit Roma, Wafer Astor dan masih banyak lagi. Tak sadar aneka produk tersebut adalah karya anak negeri. Produknya tak hanya ada di Indonesia saja tapi juga tersebar di seluruh dunia.

Mayora atau Mayora Indah demikian pabrik yang memproduksi puluhan jenis makanan jenis consumer good ini. Berdiri sejak tahun 1977 dan kini melebarkan sayap hingga Amerika, Eropa hingga Afrika.

Saya pribadi menjadi salah satu konsumen mereka dimana di saat bepergian Teh Pucuk akan ada di tas. Pun demikian saat kerja di rumah, untuk mengusir rasa kantuk maka Kopi Torabika adalah solusinya.

Mereka tak hanya berbisnis dan memproduksi aneka produk. Kehadiran mereka juga mampu menyerap tenaga kerja hingga puluhan ribu. Ekonomi bangsa pun akan terangkat karenanya.

Solidnya sebuah organisasi tentunya di topang visi dan misi yang jelas. Bila dua hal itu tak ada maka organisasi atau perusahaan akan rentang untuk goyang.

Tak hanya itu saja mereka yang duduk di struktur organisasi Mayora adalah orang-orang yang kompeten. Memiliki integritas dan kemauan untuk menjalankan semua yang tertuang dalam nilai dasar perusahaan.

Perusahaan yang telah teruji berulang kali menghadapi krisis. Melihat usianya yang kini menginjak tahun ke 43 sudah barang tentu menjadi jaminan. Krisis tahun 1998 dan 2008 mampu mereka lewati dengan baik.

Pun krisis global yang terjadi tahun ini dimana pandemi Covid-19 menyerang tak kurang dari 207 negara. Seperti yang kita tahu produk yang mereka hasilkan adalah barang-barang yang di butuhkan setiap hari.

Produk yang telah mengena di hati masyarakat dan siapa saja akan mengatakan kurang bila tidak ada. Saya pribadi bila kerja malam tanpa Kopi Torabika kurang bisa fokus. Dengan efek baik yang mereka hasilkan maka semua produk itu bisa di terima dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat.