Inilah Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Yang Sudah Habis | Simak yuk!

Daftar isi [Tampil]
Melex.ID – Berjumpa lagi dengan kami website yang selalu menghadirkan informasi-informasi terkini tentang berita seputar dunia otomotif. Setelah sebelumnya kami sudah memberikan informasi tips mengenai cara mengatasi kompresi motor yang hilang, kali ini kami akan memberikan sebuah informasi yang mungkin dapat berguna untuk anda, yaitu tentang cara mengetahui ciri-ciri atau tanda kampas rem mobil sudah mau diganti.


Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, bahwa setiap kendaraan tentu sudah menggunakan sistem pengeremannya masing-masing, entah itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Dengan adanya sistem pengereman pada sebuah kendaraan, tentunya kita bisa dengan mudah mengendalikan laju kendaraan walaupun dalam keadaan darurat.

Di samping itu keberadaan sistem pengereman pada kendaraan juga mesti kita perhatikan dengan baik dan benar, jangan sampai kampas yang terdapat pada sistem pengereman telah habis kita diamkan begitu saja. 

Karena jika kampas rem ini telah melebihi daya tahan atau batas usia bahkan habis, maka akan berdampak pada proses pengereman yang tidak sempurna dan juga akan sangat membahayakan sang pengemudi sebab akan mengakibatkan rem blong yang bisa beresiko sangat fatal.

Selain itu, kampas rem yang telah habis juga dapat mengakibatkan kerusakan pada part atau komponen rem lainnya, seperti pada bagian piringan cakram rem. Sebenarnya kerusakaan yang terjadi pada sistem pengereman sendiri bisa kita rasakan pada saat mengendarainya. 

Namun, bagi orang yang baru menyetir mobil atau atau para pemula, biasanya mereka tidak tahu-menahu dengan permasalahan pada sistem rem. Oleh karena itu, di sini kami akan memberikan beberapa tips tentang cara mengetahui ciri-ciri kampas rem mobil yang sudah habis. Nah, untuk lebih jalasnya mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Yang Sudah Mau Diganti:

1. Kedalaman Rem

Apa biila kampas rem pada mobil yang Anda miliki sudah mulai habis, tentunya pada saat anda melakukan proses pengereman anda akan merasakan pijakan rem mobil yang sepertinya sudah mulai menjauh jika dibandingkan dengan biasanya. Hal semacam ini adalah ciri-ciri atau tanda awal dan juga dapat dengan mudah di kenali ketika kampas rem mobil sudah mulai berkurang atau habis.

2. Rem yang Bergetar

Biasanya, kampas rem mobil yang sudah mulai berkurang akan mengeluarkan getaran pada bagian rem pada saat Anda mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi dan kemudian anda melakukan pengereman secara mendadak. Getaran tersebut umumnya terjadi karena kampas rem yang sudah mulai habis dan disebabkan karena mempunyai permukaan yang tidak rata dengan begitu pada saat mencengkram piringan cakram rem maka menjadi tidak maksimal dan hal semacam inilah yang dapat menimbulkan getaran pada rem mobil.

3. Munculnya Suara Saat Melakukan Pengereman

Apa bila kampas rem sudah mulai habis, tentunya hal seperti ini akan mengeluarkan bunyi atau suara seperti gesekan logam pada saat Anda melakukan pengereman. Karena, kampas rem yang sudah habis tersebut hanya menyisakan bagian besinya saja dan pada saat Anda melakukan pengereman, dengan demikian maka besi tersebut akan bergesekan bersaman dengan piringan cakrem rem. Hal semacam inilah yang menyebabkan munculnya bunyi atau suara pada saat pengereman terjadi.

4. Minyak Rem

Nah, untuk dapat mengetahui kampas rem mobil yang sudah habis, anda dapat mendeteksi dari minyak rem yang turun namun hal ini bukan masalah dari kebocoran. Karena kampas rem yang sudah terkikis atau berkurang harus di lakukan pergantian dengan yang baru, setelah kampas rem mobil sudah diganti dengan yang baru pastinya minyak rem tersebut tidak akan turun lagi.

Itulah sedikit informasi tentang Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Yang Sudah Habis yang dapat kami sampaikan untuk anda semua. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda serta dapat menjadi gambaran untuk anda yang mungkin belum mengetahui cara mengetahui ciri-ciri kampas rem yang sudah habis. Terima kasih dan semoga bermanfaat