NIO EP9, Mobil Listrik Tercepat di Dunia | Lamborghini Terlihat Pelan

Daftar isi [Tampil]
Melex.ID - Ketika berbicara tentang mobil listrik, salah satu yang terbayang di benak kita adalah sebuah mobil tanpa bahan bakar yang berjalan lambat. Pendapat itu saat ini tidak bisa lagi kita pertahankan karena sebuah fakta telah berbicara bahwa mobil listrik di jaman ini sudah dapat melesat seperti halnya mobil yang menggunakan bahan bakar pada umumnya. Ini dibuktikan oleh salah satu mobil listrik tercepat di dunia bernama NIO EP9.

Mobil listrik NIO EP9 diproduksi oleh perusahaan otomotif yang berbasis di China dan kini telah memiliki kantor perwakilan di Amerika, Jerman dan Inggris. NIO EP9 memang dirancang dengan desain mobil balap yang berkecepatan tinggi. Pada tanggal 12 Mei 2017, mobil ini telah membuat catatan terbaru untuk 1 putaran di lintasan Nurburging Nordschleife dengan rekor 6 menit menit 45,9 detik.

Teknologi terbaru dirancang dan direkayasa sebagai mobil balap, EP9 menampilkan tingkat kinerja yang belum pernah ada pada mobil listrik yang lain dengan nol emisi. Kombinasi kendaraan jenis ini adalah yang pertama di dunia mobil listrik yang memiliki kecepatan maksimal 313 km/jam dan memiliki kekuatan puncak 1 mega watt.

NIO merancang mobil listrik ini dengan sistem sayap belakang tiga posisi yang aktif dan diffuser lantai penuh yang sejajar dengan splitter depan yang dapat disesuaikan, fitur aero tetap memungkinkan mobil mencapai dua kali downforce mobil Formula One saat ini.

Dengan sistem baterai yang dapat bertukar, sistem kelistrikan mobil listrik EP9 memungkinkan perubahan baterai cepat dan pengisian cepat. Sistem pendinginan pasif komplementer bekerja di sampingnya untuk memastikan suhu optimum dipertahankan untuk kinerja puncak. Waktu pengisian baterai hanya membutuhkan waktu 45 menit dengan daya 777 Volt yang akan menggerakkan 4 motor pada masing-masing roda.

EP9 memiliki kekuatan yang luar biasa yang disesuaikan dengan rasio berat. casis terbuat dari serat karbon yang memiliki berat 70% lebih ringan dari baja. Sasis EP9 dirancang untuk memenuhi tuntutan fisik kekuatan 3G dengan struktur solid untuk memungkinkan kecepatan maksimal yang dibutuhkan. Mengenai harga, Mobil listrik tercepat di dunia ini dibandrol dengan harga tidak tanggung-tanggung yakni Rp. 20 milyard.

Keren ya,  kapan kalian mau beli?  Hehe