Apa itu PWA? Mengenal Lebih Dekat PWA (Progressive Web App)

Daftar isi [Tampil]
Tutorial Belajar Membuat Icon

Kecepatan pada sebuah blog tentu sangat menjadi faktor yang harus diperhatikan karena tidak hanya menyasar pengguna PC melainkan menyasar pengguna mobile saja. Salah satunya agar blog atau website agar bisa menjadi cepat adalah dengan menggunakan PWA (Progressive Web App).

Tentu banyak yang banyak yang membahas mengenai PWA ini, nah pada artikel kali ini akan membahas mengenai PWA (Progressive Web App), terus apa aja keunggulan dari PWA ini?

Apa itu PWA?

PWA (Progressive Web App) adalah sebuah Web App yang digunakan bisa digunakan untuk mempercepat atau menambah kecepatan sebuah website atau blog. Dengan menggunakan PWA ini tentunya akan memberikan kecepatan yang lebih seperti halnya anda menggunakan aplikasi pada sebuah aplikasi pada perangkat mobile.

Dengan optimasi Web tentu akan menambah kecepatan pada blog seolah seperti menggunakan aplikasi pada perangkat mobile namun developer Indonesia template Blogger belum ada yang menarapkan nya pada template mereka bahkan belum banyak yang membahas tentang ini.

Apa Sih Kelebihan PWA?

Apa Kelebihan PWA? Tentu anda berkiran seperti itu, ada beberapa kelebihan yang akan anda dapatkan jika website sudah dioptimalkan dengan menggunakan PWA. Apa aja keunggulan dan kelebihan dari Progressive Web App ini berikut Ini adalah kelebihan nya :

1. Menghemat Biaya Produksi

Dengan menggunakan Progressive Web App tentu akan menghemat biaya produksi seperti halnya pepatah bilang sekali dayung dua pulau terlampaui. Dengan update ke PWA maka akan memperkecil biaya produksi dan akan menghemat biaya pengeluaran.

2. Bisa Digunakan di Berbagai Perangkat

Dengan menggunakan PWA ini maka anda bisa mendesain website darisemua perangkat mulai dari melalui Windows hingga perangkat mobile. Jadi dengan ini maka website anda lebih ramah disemua perangkat karena bisa mengatur sesuai dengan keinginan.

Jadi anda bisa mengatur tampilan sesuai dengan perangkat mobile, IOS dan Android. Apabila anda tidak memiliki komputer maka anda dapat mengelola mobile jadi tak harus memiliki PC jika website anda sudah update ke PWA ini.

3. Tidak Tergantung App Store

Ini tentu sangat melegakan karena anda tidak usah ada berlanggan jika anda berlangganan di Google Playstore maka akan di tarik biaya seharga $25 untuk seumur hidup sedangkan untuk di Apple Store akan di patok dengan harga $99 pertahunnya.

Jadi anda bisa mengembangkan website anda menjadi lebih baik lagi, selain itu anda akan lebih fokus kepada tampilan pada aplikasi yang ada di website anda saat ini.


4. Instalasi Cepat

Kelebihan dari PWA ini adalah instalasi sangatlah cepat jadi anda tidak perlu membutuhkan hak akses atau lainnya seperti harus nengunduh aplikasi misalnya jadi tidak perlu ribet seperti itu.

Pengguna atau pengunjung hanya cukup menambahkan website anda ke halaman homescreen pada perangkat meraka jadi akan otomatis maka akan terinstall di perangkat mereka. 

5. Layaknya Seperti Aplikasi Mobile

Semakin tahun banyak sekali kebutuhan aplikasi yang harus dinstall maka tidak heran kalau semakin meningkat kebutuhan aplikasi saat ini. 

Apalagi sekarang banyak orang lebih nyaman mengakses via perangkat aplikasi dibandingkan menggunakan via browser karena memiliki tampilan lebih bagus dan cepat. 

Keunggulan dari PWA ini adalah menawarkan website anda seperti aplikasi jadi sangat ringan dan efektif ditambah tidak perlu update lagi. 

6. Kinerja Bagus

Dalam PWA memiliki service workes yang dimana tugasnya untuk mengelola cache aset website dengan efisien. Dengan ini maka akan membuat aplikasi berjalan dengan cepat maka akan membuat nyaman para user, dengan PWA ini bisa berjalan di aplikasi jaringan 2G.

Sekarang ini para pengguna blog atau website berlomba lomba mengelola website meraka menjadi lebih baik karena apabila website memiliki loading lebih dari 3 detik akan ditinggalkan oleh pengunjung. 

7. Update Otomatis

Untuk pengguna PWA tentu tidak perlu pusing untuk update aplikasi tidak perlu unduh lagi karena akan diupadate secara otomatis apabila pengguna mengakses aplikasi tersebut.

Tentu akan membuat pengguna senang karena tidak usah update secara manual. Dan pengguna akan bisa mebgupdate aplikasi versi terbaru demi menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna.

8. Bisa Diakses Secara Offline

Apabila App diakses saat diakses tanpa internet maka akan menampilkan gambar dinasaurus. Dengan PWA ini tentunya bisa diakses secara offline walaupun tanpa jaringan internet juga bisa dibuka.

Misalnya saja ada pengguna ingin membaca produk anda akan tetapi pas mau baca Internet tidak stabil maka dengan ini website sudah disimpan di chace maka tetap bisa membaca apabila sedang offline atau Internet tidak stabil.

Itulah beberapa keuntungan jika website sudah menggunakan PWA jadi lebih menguntungkan website tentunya.