Apa itu CDN? 5 Alternatif CDN Untuk Blogger

Daftar isi [Tampil]
Tutorial Belajar Membuat Icon
Agar bisa mempercepat Loading blog tentu hal yang harus dilakukan dengan meminimalkan kode Javascript nya. Salah satunya adalah dengan menaruh kode JS tersebut di CDN.


Apa itu CDN? Tentu kalian bertanya seperti itu, apalagi seorang Blogger pemula tentu akan bingung, dan gunanya buat apa sih CDN tersebut. Buat yang belum tau kali ini akan membahas sedikit mengenai CDN Ini, ayo simak ulasan berikut ini.

Apa itu CDN?

Tentu sebagai Blogger tidak asing lagi dengan kata CDN, tapi apa kalian tau apa itu CDN? CDN adalah sekelompok server yang diletakkan di beberapa lokasi yang berfungsi menyebarkan konten sebuah Web dari beberapa lokasi geografis.

Apabila kalian menggunakan Blogger CDN Rawgit adalah populer karena open source. Akan tetapi CDN Rawgit ini sendiri tutup alias gulung tikar jadi harus mencari alternatif CDN lain.

CDN Rawgit ini resmi tutup pada bulan oktober 2019 yang lalu. Jadi url yang menggunakan CDN Rawgit tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi, tapi tenang saya akan share beberapa alternatif CDN Alternatif yang populer dan gratis sekarang ini.


Alternatif Sumber CDN Terbaru Selain RawGit

Untuk sobat yang menggunakan sumber cdn rawgit, silahkan beralih ke situs penyedia sumber cdn alternatif yang bisa sobat pilih dari beberapa daftar situs penyedia sumber cdn yang saat ini masih aktif. Dan berikut beberapa Situs Alternatif Sumber CDN Selain RawGit.

jsDelivr

jsDeliver merupakan salah satu situs layanan Open Source sumber CDN yang meiliki kinerja hampir mirip dengan RawGit.
Cek Selengkapnya

GitHack

GitHack merupakan salah satu sumber cdn alternatif yang memiliki kinerja bahkan tampilan layaknya RawGit. Selain bisa digunakan untuk Github, GitHack juga mendukung file statis yang di hoting dari Gitlab dan Bickbucket. GitHack ini menjadi sumber cdn alternatif yang kini sudah digunakan oleh Arlina.
Cek Selengkapnya

Staticaly

Staticaly merupakan alternatf sumber cdn yang dapat sobat gunakan sebagai pengganti cdn RawGit. Seperti yang sudah saya tulis di artikel-artikel sebelumnya, Staticaly ini memiliki multi fungsi. Selain bisa digunakan untuk mengkonversi link file-file statis yang di hosting dari Github, Gitlab maupun Bitbucket, staticaly ini juga bisa digunakan untuk mempercepat akses loading gambar di blog.
Cek Selengkapnya

Saya pribadi menggunakan staticaly untuk mengkonversi link file statis yang saya hosting di Gthub, serta beberapa gambar di blog ini juga menggunakan cdn dari staticaly. Hasil gambar yang menggunakan staticaly ini ternyata memang memiliki akses loading lebih cepat jika di bandingkan dengan gambar yang tidak menggunakan cdn dari staticaly.

Cara Mengganti Semua Link Rawgit di Dalam Template

Untuk migrasi dari Rawgit ke jsDelivr, GitHack maupun Staticaly, sobat bisa klik link Cek Selengkapnya diatas. Atau jika sobat ingin lebih mudah, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Login Blogger - Template - Edit HTML - klik di dalam kotak Editor Template, kemudian tekan Ctrl + Shift + R lalu masukkan
    https://cdn.rawgit.com
    ke dalam kotak, kemudian tekan Enter
  2. Setelah itu silahkan masukkan https://cdn.jsdelivr.net/gh/ jika sobat ingin migrasi ke jsDelivr, atau masukkan
    https://rawcdn.githack.com/ 
    jika sobat ingin migrasi ke GitHack, atau masukkan
    https://cdn.staticaly.com/gh/
    jika sobat ingin migrasi/mengganti semua link cdn rawgit ke Staticaly pada kotak selanjutnya, kemudian tekan Enter.
  3. Selesai, dan Simpan.

Sekarang semua url cdn rawgit sudah otomatis terganti semua ke link cdn dari salah satu pilihan antara jsDelivr, GitHack ataupun Staticaly.


Nah itulah sedikit ulasan mengenai Apa itu CDN? Semoga bermanfaat untuk kalian semua.