Apa itu HTTP/3 ? Cara Cek Situs Website Mendukung HTTP/3

Daftar isi [Tampil]
Apa itu HTTP/3? Hampir selama empat tahun HTTP/2 telah menangani dalam pertukaran Internet. Nah sekarang ada penerus yang bernama HTTP/3 yang telah diluncurkan, tentu kalian bertanya - tanya apa itu HTTP/3 dan Manfaatnya Apa?

Pada artikel yang akan saya bahas kali ini mengenai tentang HTTP/3 ini, buat yang belum tau mari simak ulasan berikut ini.


Apa itu HTTP/3?

Apa itu HTTP/3? HTTP/3 adalah penerus versi ketiga dari hypertext Transfers Protocol. Yang dimana ini adalah bagian penting dari internet untuk transfers data dari satu komputer lain.


HTTP/3 adalah sebuah rancangan Internet yang sering disebut dengan HTTP-over-Quic. Istilah QUIC sendiri adalah sebuah acronim QUIC ODP (User Datagram Protocol) Internet connection, penerus dari HTTP/2 itu sendiri.


Dengan Mengadopsi ODP sebagai protocol transfer data pada HTTP/3 yang menggantikan teknologi transmossion control protocol (TCP) yang dimana sudah digunakan pada HTTP pertama.


Sebelum draft rancangan tersebut habis masa berlaku nya pada 27 Juli yang lalu, HTTP/3 ini jadi sudah pada face terakhir sebelum di bawa ke tahap request-for-comment (RFC).


Oleh karena itu HTTP ini menjadi standar protocol transfer data yang terbaru melalui Internet seperti sekarang ini.


Nah sekarang sudah tau apa itu HTTP/3, terus apa kalian tau apa bedanya HTTP/3 dengan HTTP/2?


Perbedaan HTTP/3 dan HTTP/2? 

Tentu dari kedua transfer data ada perbedaan nya, seperti yang sudah di bahas diatas kalau HTTP/3 ini menggunakan protokol versi terbaru yaitu UDP, sedangkan HTTP/2 menggunakan TCP.


UDP ini memiliki konsep yang sama dengan TCP, yang membedakan itu cuma efisien ya. Jadi kalau ingin di bahas lebih lanjut tunggu aja artikel selanjutnya kalau dibahas semua panjang banget nulisnya.


Cara Cek Website Menggunakan HTTP/3 Atau Tidak

Agar mengetahui apakah website yang kamu pakai sudah mendukung HTTP/3 apa belum bisa gunakan tool ini, buka aja HTTP3Check




Kemudian masukkan URL blog atau website kalian, setelah itu klik tombol Search, apabila situs website kamu sudah support HTTP/3 maka hasilnya seperti ini

Nah itulah Ulasan Mengenai Apa itu HTTP/3?Cara Cek Situs Website Mendukung HTTP/3, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.