Kebijakan Youtube Terbaru Yang Merugikan Content Creator

Daftar isi [Tampil]

Pernah menonton video Youtube tentu semua orang pernah lah ya kan youtube adalah platform nonton video yang populer. Dari youtube pula kita bisa mendapatkan penghasilan dengan cara bergabung dengan Patner YouTube maka apabila seseorang menonton iklan atau klik iklan yang ada di video tersebut maka pemilik video akan akan mendapatkan pendapatan dari video tersebut.

Namun untuk kalian semua yang bermain youtube atau Content Creator ini ada kebijakan baru dari youtube yang mungkin belum ada yang tau. Dalam Kebijakan Youtube ini walaupun subcribe kalian masih sedikit akan bisa menampilkan iklan dan penghasilan yang didapat akan otomatis masuk ke Youtube.


Penjelasan Mengenai Youtube Program Patner

Buat yang belum tau apa itu Youtube Program Patner saya akan jelaskan sedikit kepada kalian semua, apabila kamu nonton youtube maka akan muncul sebuah iklan yang mungkin kamu kenal. Nah untuk Content Creator ini sudah bergabung pada Program Youtube Patner dimana mereka mendapat uang dari iklan yang di pasang pada video mereka ini.


Agar dapat memasang iklan atau gabung pada Program Youtube Patner maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa di Approve oleh pihak youtube ini sendiri. 

Akan tetapi pada Kebijakan Youtube ini sendiri kalau Youtube Memiliki hak penuh atas iklan tersebut, berarti pihak youtube bisa memasang iklan dimanapun dan kapan pun.

Walaupun youtube tersebut belum gabung Program Patner YouTube maka akan ada iklan yang muncul pada video mereka, tentu ini akan sangat merugikan Content Creator itu sendiri.


Apakah Youtube Monopoli Iklan

Tentu tidak bisa dipungkiri kalau advertising atau penyedia layanan iklan youtube menjadi sumber yang sangat menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

Bagaimana tidak pada Quartal tiga (Q3) youtube ini sudah bisa membekukan pendapatan mereka sebesar $5 Miliar USD atau setara dengan 70 Triliun rupiah jadi dalam satu tahun youtube berhasil mendapatkan 280 triliun dalam sektor periklanan ini.

Iklan dari youtube ini juga menjadi sumber mereka agar bisa mendapatkan penghasilan dari Chennel youtube yang mereka buat dengan bergabung pada Program Youtube Patner. 

Dengan kebijakan baru ini youtube bisa menampilkan atau menaruh iklan di banyak Chennel jadi buat channel besar atau kecil yang belum terkait YPP harus siap menerima hal tersebut.


Tentang Youtube Program Patner

Dulu youtube dengan jumlah subsceibers dengan jumlah berapa pun bisa mendapatkan penghasilan dari video yang mereka unggah. Setelah direvisi dua kali pada tahun 2016 - 2017 akhirnya youtube merombak secara besar - besaran, dimana Content Creator wajib mempunyai 4000 jam tayang aktif selama satu tahun dan 1000 subsceibers

Karena dulu banyak youtube asal asalan oleh karena itu Youtube mengubah dan rombak secara besar - besaran, mungkin tahun depan akan semakin ketat lagi untuk bergabung mengikuti Program Patner YouTube ini sendiri.

Untuk kalian semua enak menjadi Content Creator atau Publisher? Tulis di kolom komentar ya guys.