7 Cara Optimasi SSD Windows 10, Dijamin Langsung Ngebut!

Daftar isi [Tampil]
7 Cara Optimasi SSD Windows 10 Lengkap!

Cara Optimasi SSD Windows 10 - Upgrade Solid State Drive komputer Anda adalah salah satu opsi yang paling bermanfaat untuk meningkatkan kinerja. 

Solid state drive dapat mempercepat semua yang membutuhkan akses ke disk termasuk waktu boot, hingga pembukaan Katalog Lightroom. 

7 Cara Optimasi SSD Windows 10 Lengkap!

Namun, tanpa perawatan rutin, SSD Anda akan melambat seiring waktu. Ini adalah 7 Cara Optimasi SSD Windows 10 saya untuk mendapatkan nilai maksimal dari SSD Anda.

1. Aktifkan TRIM

Fitur TRIM sangat penting untuk menjaga SSD dalam kondisi yang baik. Apa sebenarnya TRIM itu? Perintah TRIM memungkinkan sistem operasi untuk memberi tahu SSD bahwa blok data tertentu tidak sedang digunakan dan dapat dihapus secara internal. 

Berbeda dengan drive mekanis dalam hal menulis data baru, Cara Optimasi SSD Windows 10 tidak dapat menulis ke blok kosong. SSD yang tidak berkemampuan TRIM harus memindahkan hanya potongan kecil informasi, membersihkan blok yang menyimpan data, dan kemudian menulis data baru pada blok. 

Fitur TRIM menghentikan drive Anda dari melakukan penulisan yang tidak perlu dan tidak terlalu sering digunakan.

Di Windows, SSD biasanya dikenali saat dipasang dan TRIM diaktifkan di semua drive. Namun Apple, di sisi lain, tidak dapat mengizinkan TRIM untuk digunakan pada banyak SSD pihak ketiga dan itu dimatikan secara default. 

Jika komputer Anda dilengkapi dengan SSD yang terpasang, maka TRIM telah dihidupkan. Jika Anda telah mengaktifkan sesudahnya, Anda perlu menjalankan trimforce melalui terminal menggunakan perintah ini

Sudo trimforce enable

Aktifkan Trim

Cara Optimasi SSD Windows 10 pada Apple tidak ingin bertanggung jawab jika perangkat keras SSD tidak menggunakan TRIM dengan benar dan Anda mengalami masalah. 

Namun, TRIM diimplementasikan tepat setelah SSD keluar di pasar. kecuali Anda menggunakan SSD versi awal, drive yang Anda gunakan harus memiliki dukungan TRIM.

2. Jangan Hapus Drive

Dengan asumsi bahwa Anda menjalankan sistem operasi yang dapat mendukung TRIM, tidak perlu menulis sektor bebas atau "menghapus" sektor bebas. 

Ini sangat penting ketika Anda menggunakan drive mekanis karena file tidak akan segera dihapus. Drive mekanis ditandai sebagai dihapus, namun, hingga ditimpa, informasi dapat ditemukan.

Metode fungsi TRIM adalah bahwa setelah sesuatu dihapus, itu dihapus dari drive. OS mengeluarkan perintah untuk menghapus informasi sepenuhnya sehingga tidak dapat dipulihkan. 

Jika Anda menggunakan perangkat lunak apa pun untuk menghapus pada SSD, itu akan mengurangi kinerja SSD dengan menyebabkan siklus penulisan yang berlebihan.

3. Perbarui Firmware Anda

Produsen SSD merilis pembaruan firmware sepanjang masa pakai SSD diperbarui sepanjang masa pakai. Meskipun tujuannya adalah untuk membuat produk dengan kemampuan untuk 'mengatur sistem dan membiarkannya', produsen terkadang harus mengeluarkan pembaruan untuk memecahkan masalah teknis dan bug seperti Cara Optimasi SSD Windows 10. 

Terkadang, pembaruan firmware bahkan dapat membawa peningkatan kinerja dan meningkatkan keandalan drive.

Pembaruan firmware sering menjadi masalah, dengan banyak yang memerlukan penggunaan drive optik atau cakram kosong untuk membuat ISO. 

Anda disarankan untuk mencadangkan semua data Anda sebelum memperbarui firmware. Kunjungi halaman produk pabrikan untuk detail tentang pembaruan dan pembaruan terbaru.

4. Pindahkan Folder Cache Anda ke Disk RAM

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas proses pembuatan Disk RAM akan meningkatkan kinerja Lightroom atau Photoshop. 

Artikel secara singkat berbicara tentang memindahkan cache Anda ke Disk RAM akan membantu memperpanjang masa pakai SSD Anda. Kemampuan untuk menulis cache Anda ke dalam Disk RAM mencegah keausan yang tidak diinginkan pada drive. 

Memindahkan folder cache Anda ke drive mekanis memiliki keuntungan serupa, tanpa peningkatan kinerja yang ditawarkan oleh program atau kebutuhan untuk menguras sumber daya sistem.

5. Jangan Mengisi Kapasitas Penuh

SSD mungkin memiliki masalah dengan kinerja, terutama dengan kecepatan menulis, setelah drive mencapai kapasitas maksimumnya. 

Lebih mudah bagi perangkat untuk menulis sel kosong jika ada ruang yang tersedia. Jika drive diisi, SSD harus menentukan blok yang tidak terisi penuh, dan kemudian mentransfer data tersebut ke cache memori dan mengembalikannya ke drive. 

Disarankan untuk menjaga 10 persen dari drive Anda dialokasikan untuk mengosongkan ruang untuk menjaga keseimbangan yang seimbang antara kinerja dan pemanfaatan ruang.

Solid-state drive yang dirancang untuk penggunaan konsumen biasanya mencadangkan sekitar 7 persen dari total kapasitas penyimpanannya dan memblokirnya dari pengguna. 

Ini dikenal sebagai over provisioning dan merupakan alasan mengapa Anda akan melihat drive dengan kapasitas 120GB dan 240GB. 

Ruang yang tersisa memberikan ruang pengontrol/firmware untuk hal-hal seperti TRIM, Pengumpulan Sampah, dan Perataan Keausan.

6. Jangan Defrag

Jika data disimpan di hard drive dan kemudian dihapus, itu akan berakhir di seluruh drive. Hal ini menyebabkan pelambatan HDD karena fakta bahwa kepala drive harus berpindah dari satu lokasi ke tempat lain untuk membaca setiap bit data. 

Ini dapat diperbaiki dengan proses defragmentasi yang merupakan fitur dari versi terbaru Windows. Lokasi dari data yang disimpan di SSD tidak penting karena dapat dengan cepat mengakses bagian mana pun di mana pun ia berada. 

Mendefrag SSD tidak hanya tidak efektif tetapi juga dapat berbahaya bagi drive.

7. Jangan Simpan File Besar

Jenis file terbaik untuk disimpan dalam SSD adalah yang harus mudah dan sering. File dari sistem operasi dan program sangat bagus untuk ini. 

Di zaman yang didominasi oleh Netflix dan Spotify, penyimpanan file besar seperti film atau koleksi musik di drive Anda tidak lagi menjadi kebutuhan. 

Menyimpan file-file ini pada SSD tidak hanya akan menempati ruang apa pun yang mungkin dimiliki, tetapi juga tidak akan berpengaruh pada kinerja. 

Ini bukan pilihan yang baik untuk menyimpan file media pada solid state drive, karena Anda tidak akan menyadari bahwa file media yang Anda mainkan di HDD atau SSD.

SSD lebih mahal per gigabyte daripada rekan mekanis. Namun kekurangan mereka dalam kapasitas mereka atasi dengan mengkonsumsi lebih sedikit daya serta lebih sedikit noise dan kecepatan yang meningkat secara dramatis. 

SSD tidak terpengaruh oleh masalah yang sama yang menyebabkan HDD gagal dan crash, namun SSD tidak sepenuhnya bebas dari masalah. Setiap kali Anda menulis di SSD, Anda membuatnya selangkah lebih dekat menuju kerugian akhirnya. 

Adalah baik untuk mengetahui bahwa langkah-langkah tersebut sangat kecil dan, dengan perawatan yang tepat dan perawatan rutin, SSD dapat bertahan lama melampaui masa pakai yang dimaksudkan (atau sampai Anda menggantinya dengan sesuatu yang lebih tahan lama).

Demikianlah artikel dari kami mengenai Cara Optimasi SSD Windows 10, semoga bermanfaat dan terima kasih.