Belajar SEO Dasar: Cara Membuat Artikel Anda Ditemukan di Google

Daftar isi [Tampil]
Belajar SEO Dasar: Cara Membuat Artikel Anda Ditemukan di Google

Di era pemasaran internet, tidak cukup hanya memiliki situs web yang dirancang dengan baik dan informatif.

Anda memerlukan optimasi mesin pencari, atau SEO. Faktanya, SEO menyumbang sekitar 90% dari semua lalu lintas ke situs web!. Mari jelajahi beberapa dasar tentang bagaimana Anda bisa menemukan artikel Anda di Google!

1. Apa itu SEO, dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis Anda?

SEO adalah strategi pemasaran di mana peringkat bisnis lebih tinggi dalam hasil mesin pencari untuk kata kunci tertentu. 

SEO menempatkan bisnis di peringkat teratas mesin pencari untuk kata kunci yang terkait dengan produk dan layanan mereka. 

Ini bisa menjadi keuntungan bagi perusahaan mana pun, karena itu berarti mereka dilihat oleh pelanggan potensial lagi dan lagi. 

Ini bahkan lebih penting daripada bentuk periklanan tradisional, seperti iklan TV atau papan reklame!.

2. Bagaimana Melakukan Riset Kata Kunci

Untuk melakukan riset kata kunci, Anda perlu memikirkan kata kunci apa yang sebenarnya digunakan pelanggan Anda untuk mencari sesuatu. 

Jika Anda adalah bisnis yang menjual sup, sebaiknya gunakan kata-kata seperti "sup", "sup kental", atau "sup kental vegetarian" sebagai kata kunci Anda alih-alih kata-kata khas seperti "bisnis". Ini akan memudahkan pelanggan Anda untuk menemukan perusahaan Anda ketika mereka mencari di internet.

Anda juga dapat melakukan riset dengan melihat perusahaan lain di industri serupa dan melihat di mana peringkat situs web mereka untuk kata kunci ini. 

Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda memilih kata kunci yang relevan dan populer dengan orang-orang yang memiliki target demografis yang sama dengan Anda. 

Penting juga untuk tidak menggunakan kata kunci yang sama secara berlebihan di setiap halaman situs web Anda; ini dikenal sebagai "spam kata kunci", dan ini bisa membuat Anda dihukum oleh mesin pencari.

3. Memilih Judul Halaman Terbaik

Memilih judul halaman terbaik dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan perusahaan dalam SEO. Mesin pencari memberi peringkat situs web lebih tinggi jika kata-kata yang mereka temukan di halaman relevan dengan topik dan kata kunci situs web. 

Mesin pencari juga akan memberi peringkat situs web Anda lebih tinggi jika Anda memiliki deskripsi meta di bagian atas situs Anda. Deskripsi meta adalah beberapa baris teks di bawah judul Anda yang menjelaskan tentang situs web Anda.

Untuk memilih kata kunci yang berhasil, penting untuk mengetahui siapa target pelanggan Anda dan apa kata "pembelian" mereka. 

Misalnya, jika saya memiliki toko roti, target pelanggan saya mungkin adalah orang-orang yang tinggal di San Francisco dan mencari makanan panggang lokal. Kata kunci saya mungkin "toko roti", "makanan yang dipanggang", dan "San Francisco".

4. Bagaimana Menulis Deskripsi Meta Yang Akan Menarik Pengunjung ke Situs Anda

Deskripsi meta harus ditulis dengan cara yang membuat pengunjung ingin tahu lebih banyak - deskripsi meta harus memikat orang dengan apa yang dapat mereka temukan di situs Anda. 

Anda harus mempertimbangkan untuk membuat konten situs Anda dapat dibaca dan menarik, kemudian gunakan kata kunci yang relevan dengan topik halaman Anda. 

Jika ada frase kata kunci yang tidak perlu diulang di tempat lain pada halaman, praktik yang baik untuk itu muncul di akhir deskripsi meta.

Panjang deskripsi meta tidak ditentukan; beberapa ahli merekomendasikan penulisan antara 150 dan 160 karakter (termasuk spasi).

5. Pentingnya Backlink Dalam SEO

Mesin pencari memberi peringkat situs web lebih tinggi jika kata-kata yang mereka temukan di halaman relevan dengan topik dan kata kunci situs web. 

6. Cara Lain Anda Dapat Meningkatkan Peringkat Mesin Pencari Anda Dengan Konten Yang Bagus dan Kampanye Pemasaran Media Sosial

  • Konten adalah raja: Membangun strategi pemasaran konten adalah cara yang efektif untuk mengembangkan audiens dan membuat audiens tetap terlibat. Strategi ini juga bagus untuk meningkatkan peringkat mesin pencari karena membangun kesadaran merek dan menetapkan otoritas.
  • Ambil gambar: Gambar bernilai 1000 kata, jadi jangan takut untuk keluar dan mengambil beberapa. Menyertakan gambar di situs web atau posting blog Anda dapat membantu menarik lebih banyak pembaca, yang pada gilirannya membantu SEO serta visibilitas media sosial.
  • Tweak metadata: Jika Anda menggunakan WordPress, proses ini akan dilakukan untuk Anda secara default dan Anda harus memasukkan beberapa detail penting (seperti nama blog Anda) di pengaturan umum Anda. Untuk platform blogging lainnya, penting untuk memasukkan kata kunci dalam tag dan judul Anda jika Anda ingin mereka diindeks oleh mesin pencari.
  • Gunakan media sosial: Media sosial dapat berdampak besar pada SEO karena fakta bahwa perusahaan besar menggunakannya untuk mempublikasikan produk mereka dan menjangkau pelanggan baru. Memposting secara teratur di platform media sosial dapat membantu Anda membangun merek dan giliran, tingkatkan peringkat pencarian Anda.
  • Membangun backlink: Membuat strategi SEO yang sukses bisa menjadi sedikit seni, tetapi satu hal yang pasti - backlink berkualitas baik dari situs web yang relevan akan memberi bisnis Anda dorongan yang sulit dipahami yang dibutuhkan untuk naik peringkat. Tautan balik semudah menulis konten untuk situs web lain dan meminta mereka untuk menautkan kembali ke Anda di pos mereka.
  • Ingat masalah seluler: Dalam hal menemukan situs web Anda, pengoptimalan seluler tidak boleh diabaikan. Anda mungkin berpikir bahwa apa yang terjadi pada perangkat seluler tidak memengaruhi peringkat mesin telusur, tetapi ini tidak benar - algoritme terus berubah, dan masa depan terletak pada pengoptimalan seluler.
  • Ini hanya beberapa tip teratas yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan strategi SEO Anda. Jika Anda mengikuti saran ini, kemungkinan situs Anda dapat diindeks dalam waktu satu tahun atau kurang.

Kesimpulan

SEO adalah salah satu aspek terpenting dari pemasaran internet modern. Ini menyumbang sekitar 90% dari semua lalu lintas ke situs web, dan itu bahkan lebih penting daripada bentuk periklanan tradisional. 

Dalam artikel ini kami telah menjelajahi beberapa dasar-dasar SEO sederhana serta bagaimana Anda dapat meningkatkan pengunjung Anda dengan konten yang baik atau kampanye media sosial. 

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang layanan pemasaran digital kami, beri tahu kami! Kami memiliki tim yang siap siaga untuk membantu Anda menciptakan kehadiran online yang mendorong penjualan dengan mempertimbangkan cara berpikir pelanggan Anda - apa yang mereka cari? Kata-kata apa yang relevan dengan minat mereka?