Gaji UMR Bisa Beli Rumah KPR? Ini Penjelasannya

Daftar isi [Tampil]

Gaji UMR Bisa Beli Rumah KPR? Ini Penjelasannya

Apa mungkin gaji UMR bisa beli rumah KPR? Sebelumnya kita harus tau dulu apa itu KPR. KPR singkatgan dari Kredit Pemilikan Rumah, adalah suatu Fasilitias Kredit yang ditawari oleh perbankan untuk nasabah perorangan yang ingin membeli ataupun juga bisa untuk memperbaiki rumah.

Adapun jenis-jenis KPR berikut adalah penjelasannya

A. KPR Non-Subsidi

Jenis-jenis KPR yang ada salah satunya adalah KPR Non-Subsidi, KPR ini kita tidak dapat bantuan subsidi yang diberikan oleh pemerintah. Jadi tidak heran lagi KPR ini menjadi beban biaya yang keterlambatannya bisa dibilang tinggi.Tapi KPR Non-Subsidi ini bisa menawarkan kredit yang sangat lama bisa sampe 25 tahun.

B. KPR Subsidi

Saat kita memilih KPR Subsidi ini, kita mendapatkan banyak jenis keuntungan yaitu dari pengurangan uang DP sampai persentase bunga, Tapi KPR Subsidi ini hanya bisa untuk pembelian kepemilikan sampai 36 saja, dengan yang paling besar Rp. 120 juta rupiah, tapi kita juga diberikan suku bunga senilai 7,25% beserta asuransinya.

C. KPR Syariah

Jika kita ragu mengambil KPR dua diatas karna takut riba ada juga pilihan KPR syariah yang mengikuti aturan Islam. KPR Syariah ini menggunakan sistem bagi hasil. Jadi tidak perlu takut riba lagi.

Keuntungan KPR

Keuntungan KPR dari kita membeli rumah adalah anda dapat memiliki hunian impian tanpa harus mengeluarkan modal besar sekaligus. Dari Perbankan dapat memberikan kita sebuah pendanaan sekitar 70-80 persen dari rumah itu tersebut. Jadi kita hanya menyiapkan DP serta uang untuk membayar pelunasan ke penjual atau developer.

Kerugian KPR 

KPR juga bisa menjadi mimpi buruk jika suatu saat kita tidak dapat membayar karna hal-hal diluar dugaan. Misal kita sedang tidak bekerja, sehingga kita tidak mempunyai pendapatan dan tabungan pun tidak cukup untuk membayar kredit, atau juga kita sedang sakit keras yang mengharuskan kita untuk opname. Walaupun beli rumah menggunakan KPR sebuah investasi.